Langsung ke konten utama

Ingredients 5

Describes Some Ingredients 6

1. Bawang Bombai
Bawang bombai adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Ditengarai bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda. Orang Belanda pernah mencoba membudidayakan bawang bombai di Padang, tetapi terhitung gagal. Tanah yang lebih cocok ditengarai di Karo karena terbukti hasilnya sangat memuaskan. Penggunaannya di Indonesia pada awalnya populer dipakai pada masakan Cina dan Eropa, namun belakangan banyak makanan Indonesia yang mempergunakannya
Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang, daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibandingkan daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang. Pada bagian pangkal umbi terdapat batang rudimenter yang menyerupai cakram yang merupakan bawang yang sebenarnya. Bunganya majemuk dan berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai bunga besar, kuat serta besar di bagian bawah. Pada ujung tangkai bunga kadang-kadang berbentuk umbi-umbi kecil yang dapat juga dimanfaatkan sebagai bibit. Bunga bawang bombai dapat juga berbentuk biji yang cukup dengan warna hitam.
Penggunaan terbesar adalah untuk bahan dan bumbu masakan. Khasiat bawang bombai sangat banyak, yaitu antioksidan alami, mampu menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungi pada umumnya adalah memperkecil risiko penyakit degeneratif seperti kanker kolon. Bawang bombai juga dipakai secara umum untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernakan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan membunuh cacing dalam perut. Sifat senyawa bawang bombai bersifat hipolipidemik, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi satu siung dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 30%. Manfaat lainnya, dapat menyembuhkan penyakit radang hati, radang sendi, radang tonsil, radang pada tenggorokan, serta radang telinga.
Dalam 100 gram bawang bombai mengandung :
- Air : 87.5 gr
- Energi : 43 kal
- Protein : 1,4 gr
- Karbohidrat : 10,3 gr
- Serat : 2 gr
- Lemak : 0,2 gr
- Natrium : 12 mg
- Kalium : 9,6 mg
- Vitamin C : 9 mg
- Kalsium : 32 mg
- Besi : 0,5 mg
- Zink : 0,3 mg
- Vitamin B2 : 0,21 mcg
- Karoten total: 50 mcg
Dilihat dari nilai gizi tersebut, bawang bombai termasuk bahan makanan yang mengandung padat zat gizi, rendah kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan di dalamnya.
2. Bawang Merah
Bawang merah adalah salah satu bumbu utama dunia. Asal–usul bawang merah diperkirakan berasal dari Iran, Pakistan barat dan Syira. Bawang merah menyebar ke India pada tahun 600 SM. Kemudian pada abad ke-7 tanaman ini menyebar ke Eropa Barat, Eropa Timur, Spanyol, dan abad pertengahan menyebar ke Eropa Utara. Selanjutnya Bawang merah menyebar ke Amerika, Asia Timur, dan Asia Tenggara. Hingga pada abad ke-19 bawang merah tercatat sebagai komoditas hortikultura komersil di berbagai negara. Sedangkan negara produsen terbesar bawang merah, yaitu Jepang, Amerika,Italia, Rumania, dan Meksiko. Sementara itu di Indonesia sendiri bawang merah banyak diproduksi di Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur dan lain sebagainya.
Akar bawang merah terdiri dari akar pokok yang berfungsi sebagai tempat tumbuh akar adventif dan bulu akar sebagai penopang berdirinya tanaman. Batang adalah tempat dimana akar-akar tumbuh dan merupakan bagian kecil dari semua kuncup-kuncup. Batang bawang merah mempunyai batang sejati yang disebut diksus, dengan bentuk menyerupai cakram, tipis dan pendek. Batang atas bawang merah merupakan umbi semu (bulbus) yang berasal dari modifikasi pangkal daun. Sedangkan batang semu yang berada dalam tanah berubah bentuk dan fungsi menjadi umbi lapis. Apabila pada tanaman tumbuh tunas atau anakan, maka akan berbentuk umbi secara berhimpitan yang disebut dengan siung. Daun bawang merah memiliki bentuk silinder, memanjang seperti pipa dan berongga dengan panjang antara 45-70 cm, serta bagian ujungnya meruncing. Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan. Tangkai bunga keluar dari ujung tanaman dengan panjang antara 30-90 cm. Dan pada ujungnya terdapat 50-200 kuntum bunga yang tersusun melingkar seperti payung. Biji bawang merah terlihat seperti kubah dan memiliki tiga ruang yang masing-masing merupakan bakal biji. Pada bunga yang berhasil melakukan persarian akan tumbuh buah, sedangkan bunga yang lain akan mengering dan mati. Biji bawang merah dapat diperbanyak secara generativ (seksual). Buah bawang merah memiliki bentuk bulat dan pangkal ujungya tumpul yang membungkus 2-3 butir biji. Biji bawang merah berbentuk pipih yang biasa disebut dengan siung. Biji bawang merah tersebut memiliki warna merah, tetapi akan berubah menjadi warna hitam setelah tua.
Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto, sup juga bubur ayam menggunakan bawang merah sebagai bahan dasar dalam pembuatan bumbu. Selain itu, bawang merah dapat juga dapat bermanfaat sebagai obat yaitu untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah, karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.
Dalam 100 gram bawang merah mengandung :
- Kalori : 39 kkal
- Protein : 1,5 gr
- Lemak : 0,3 gr
- Karbohidrat : 9,2 gr
- Serat : 0,7 gr
- Vitamin A : 50 IU
- Vitamin B.1 : 0,03 mg
- Riboflavin : 0,04 mg
- Niasin : 0,02 mg
- Asam ascorbic : 9,0 mg
- Vitamin C : 2,0 mg
- Kalsium : 36, 0 mg
- Fosfor : 40,0 mg
- Besi : 0,8 mg
- Air : 88,0 gr
3. Bawang Putih
Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.
Batang bawang putih terlihat semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun yang berwarna hijau, bagian bawahnya memiliki banyak siung dan jika digabung menjadi umbi besar berwarna putih. tiap siung terbalut dengan kulit tipis, jika kulit tersebut diiris, maka bawang putih akan mengeluarkan bau yang menyengat; tajam. daunnya berbentuk pipih memanjang seperti pita, tepiannya rata dan ujungnya runcing beralur, panjangnya 60 cm dan lebar sekitar 1,5 cm. memiliki akar yang serabut, bunganya berwarna putih, bertangkai panjang, dan berbentuk payung.
Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain. Dan juga dapat digunakan sebagai obat, karena bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia, seperti menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menurunkan risiko kanker, mencegah penyakit jantung, serta menjaga kesehatan otak.
Dalam 100 gram bawang putih mengandung :
- Energi : 95 kkal
- Protein : 4,5 gr
- Lemak : 0,2 gr
- Karbohidrat : 23,1 gr
- Kalsium : 42 mg
- Fosfor : 134 mg
- Zat Besi : 1 mg
- Vitamin A : 0 IU
- Vitamin B1 : 0,22 mg
- Vitamin C : 15 mg
Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa