Langsung ke konten utama

Ingredints 2


1.kayu manis




Pengertian : Kayu manis
Kayu manis atau cinnamon merupakan salah satu bumbu rempah yang populer digunakan dalam memasak sejak ribuan tahun yang lalu. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan rasa yang manis. Biasanya, kayu manis digunakan untuk membuat makanan yang manis

Fungsi Ingredients
1. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes
2. Anti infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.
3. Meningkatkan fungsi otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.
4. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

Gizi
Kandungan Gizinya
Kal
261
Lemak
3,19g
Karb
79,85g
Prot
3,89g
Terdapat 261 kalori dalam Kayu Manis (100 gram).
Rincian Kalori: 8% lemak, 88% karb, 4% prot.
Ukuran porsi umum:
Ukuran Porsi Kalori
1 sdt 6
1sdm 18
1 ons 74
100 gram (g) 261

Karakteristik
Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.
Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.
Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.


2. kemiri



KemiriName Of Ingredient
Kemiri sering kali digunakan dalam masakan khas Indonesia. Sedikit berbeda dengan bawang putih, bawang merah dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai penyedap dan penambah rasa atau aroma.
Kemiri punya fungsi tersendiri ketika dicampur ke dalam masakan. Adalah sebagai pengental alami yang membuat teksturnya jadi lebih legit

History Of Ingredient
Kemiri adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Kemiri sering disamakan dengan candle nut. Kemiri berkulit keras dan biasanya dimanfaatkan dagingnya. Kemiri bertekstur keras tetapi tetap mudah dihancurkan. Kemiri merupakan salah satu jenis bumbu utama masakan. Kemiri banyak digunakan untuk masakan Asia, masakan lokal, hingga masakan barat. Kemiri memiliki rasa yang manis. Kemiri berwarna putih dengan cangkang keras berwarna coklat kehitaman. Kemiri juga merupakan biji-bijian yang dapat dibelah dua. Kemiri berbentuk bulat dan biasanya dijual dalam bentuk kupasan. Kemiri dipasarkan dalam bentuk kiloan atau sudah dipak dalam plastik. Kemiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kemiri sudah menjadi komoditi utama di Indonesia dan banyak dihasilkan di berbagai daerah di nusantara.

Function of Ingredient
Kemiri dimanfaatkan untuk berbagai hal. Kemiri memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan kalsium yang cukup tinggi juga. Manfaat kemiri yang terkenal adalah untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut dengan cara dibuat minyak. Kemiri juga dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi Selain itu, kemiri bisa dimanfaatkan untuk obat diare
Penggunaan kemiri untuk masakan berfungsi untuk mengentalkan kuah. Kemiri dapat membuat kuah bening menjadi keruh dan kental. Penggunaan kemiri untuk mengentalkan kuah biasanya dimanfaatkan untuk soto, rawon, dan sebagainya. Selain itu, kemiri juga umumnya digunakan untuk membuat bumbu menempel pada bahan masakan misalnya bumbu balado agar menempel pada ayam.

Characteristic of Ingredient
Kemiri dapat disimpan dalam waktu yang lama hanya dengan disimpan dalam toples tertutup baik dalam keadaan terkupas atau tidak terkupas. Untuk pengolahan masakan, kemiri umumnya dihaluskan dengan cara ditumbuk halus atau diparut halus. Kemudian kemiri dicampurkan dengan bumbu halus dan ditumbuk bersama bumbu tersebut.
Kemiri juga bisa dibuat minyak. Membuat minyak kemiri cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kemiri sampai matang. Kemiri yang direbus matang akan mengeluarkan minyak. Minyak tersebut diambil dan didinginkan lalu disimpan dalam botol tertutup. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun dalam minyak kemiri yang sudah jadi untuk menambah aroma wangi.




3. Blackpepper


Lada Hitam atau blackpaper adalah sejenis rempah yang sudah sangat terkenal sejak beberapa tahun yang lampau. Tanaman ini berkembang subur di negara tropis dan lembab. Tanaman ini banyak dijumpai di China dan Asia Tenggara. Jika dilihat tanaman Lada Hitam ini memiliki warna buah merah gelap, sehingga pada saat digerus buah Lada Hitam ini akan menjadi gelap. Jika Anda menjumpai tanaman Lada Hitam, langsung saja lihat buahnya yang berupa biji panjang menjulur ke bawah, kemudian pastikan apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Lada Hitam merupakan rempah yang sangat penting. Dari sejak dahulu, Lada Hitam merupakan salah satu jenis pangan yang ramai diperdagangkan.

1. Klasifikasi Lada Hitam

Menurut Tjitrosoepomo (2007), klasifikasi tanaman lada adalah sebagai
berikut :
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Class : Dicotyledoneae
Ordo : Piperales
Familia : Piperaceae
Genus : Piper
Species : Piper nigrum L.


2. Sejarah Tanaman Lada
Tanaman lada ditemukan pertama kali di daerah Western Ghast, India.
Tanaman lada ditemukan tumbuh liar di daerah pegunungan Assam (India)
dan utara Burma. Tanaman ini kemudian mulai dibudidayakan dan
menjadi barang berharga ketika mulai diintroduksi ke Eropa dan dikenal
oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno. Seorang filsafat Yunani bernama 8
Theophratus (372-278 B.C) yang dikenal sebagai Bapak Botani
menyebutkan dua tipe lada yang digunakan di Yunani dan Romawi yaitu
black pepper (lada hitam), Piper nigrum dan long pepper (lada panjang),
Piper longum. Lada kemudian menyebar dari Malabar (India) ke daerahdaerah Eropa dan Asia termasuk Indonesia. Lada kemungkinan masuk ke
Indonesia dibawa oleh masyarakat Hindu ke daerah Jawa antara 100 B.C
dan 600 A.D (Purseglove et al., 1981).
Sentra produksi lada di Indonesia adalah daerah Lampung, Sumatera
Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung. Kedua daerah ini memproduksi
kurang lebih 90% dari produksi lada di Indonesia. Daerah penghasil lada
lainnya yaitu Bengkulu, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Barat,
Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan (Mustika, 1990).

3. Kandungan Gizi Lada Hitam

Informasi Gizi per 1 sdm
Energi 17 kkal
Lemak 0,22 g
Lemak Jenuh 0,096 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,069g
Lemak tak Jenuh Tunggal 0,051g
Kolesterol 0 mg
Protein 0,72 g
Karbohidrat 4,41 g
Serat 1,7 g
Gula 0,04 g
Sodium 1 mg
Kalium 92 mg
Kalsium 31 mg

4. Fungsi Lada Hitam

Sebagai salah satu komodasi yang ramai diperdagangkan, Lada Hitam memiliki berbagai fungsi. Selain fungsi utamanya yaitu bumbu masak, Lada Hitam juga berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada di dalamnya disinyalir dapat mengurangi resiko manusia dari bahayanya kanker payudara. Selain itu adanya antioksidan di dalam Lada Hitam juga dikatakan dapat mencegah berkembangnya sel kanker kulit dan juga usus besar.
Bagi mereka yang memiliki masalah dengan sistem pencernaannya juga bisa melakukan konsumsi secara rutin Lada Hitam ini. Rempah yang satu ini bisa mengatasi masalah bagi mereka yang sering kembung atau sakit maag. Terdapat kandungan khusus yang membuat Lada Hitam bisa meredakan gas yang ada di dalam tubuh manusia. Selain itu, Lada Hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai resep bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hanya dengan menaburkan makanan Anda dengan bubuk Lada Hitam, maka Anda akan merasakan hasilnya.

5. Karakteristik Lada Hitam

Ladahitam (Piper Nigrum Linn) adalah tumbuhan hijau yang tumbuh bertahun-tahun yang menghasilkan buahseperti beri dan memiliki aroma yang pedas / tajam. Awalnya diketahui sebagai “pamienta” atau “paminta” yang merupakan golongan dari family Piperaceae. Lada hitam mempunyai beberapa ciri – ciri seperti, daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuk seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang bewarna putih dan panjang yang menghasilkan buah – buah pendek yang menggelantung dengan panjang 4 sampai 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri bewarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi merah ketika matang. Lada hitam tersedia dalam warna hitam dan putih. Lada hitam dibuat dengan proses men-drying atau menjemur buah yang matang maupun yang belum matang dibawah sinar matahari. Sedangkan untuk lada putih digunakan proses perendaman dan pengelupasan kulit luarnya sebelum dipanaskan.
1 8
Piperin (1-piperoylpiperidine), adalah senyawa aktif utama yang ada dalam lada hitam. Piperine dan isomernya merupakan faktor utama yang memberikan rasa pedas pada lada hitam.

Sumber: https://pbftp13.wordpress.com/2014/05/21/black-pepper-piper-nigrum-linn/
Sumber: www.kerjanya.net/faq/17888-lada-hitam.html

di Maret 30, 2018 Tidak ada komentar:
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
Label: Ingredients



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa