Langsung ke konten utama

Famous food 2

1. Soto Betawi

Perkembangan Soto Betawi

           Sebagaimana yang disebutkan diatas, soto betawi adalah kuliner khas Kota Jakarta. Soto betawi pada dasarnya adalah soto dengan kuah santan yang isinya sangat beragam dan tergolong unik. Isian soto betawi bisa berupa dagin sapi, jeroan, organ sapi seperti mata sapi, torpedo dan hati. Bahan utama dalam soto betawi adalah daging, jeroan dan beberapa organ hewan lainnya. Dalam membuat soto betawi, daging dan jeroan ini direbus dalam wadah yang terpisah. Kaldu yang digunakan dalam kuah soto betawi adalah kuah kaldu dari rebusan daging sapi. Setelah direbus, bahan bahan tersebut kemudian dipotong kecil kecil. Untuk membuat kuah soto betawi, bumbu yang harus dipersiapkan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, cengkeh, jinten, merica dan garam. Bumbu ini dihaluskan dan di tumis dengan daun salam dan batang serai. Setelah matang, bumbu ini dicamput dengan air kaldu daging beserta isian dari soto betawi termasuk jeroan dan organ lainnya. Kemudian tambahkan santan dan susu untuk melengkapi sajian soto betawi. (Baca Juga : Peninggalan Kerajaan Kediri). Dalam penyajiannya, soto betawi biasanya ditambahkan dengan tomat, daun bawang, seledri dan bawang goreng. Bagian yang juga tidak boleh ketinggalan dari soto betawi adalah emping. Soto betawi sangat nikmat disantap bersama nasi hangat, emping yang krenyes, sambal, jeruk nipis dan acar yang segar. Soto betawi memiliki rasa yang gurih khas yang berbeda dengan soto lainnya. Campuran santan dan susu memberikan perpaduan rasa gurih santan dengan sensasi creamy dari susu. Bila Anda tidak menyukai jeroan, Anda bisa memesan soto betawi  dengan isian daging sapi saja. Soto betawi merupakan pilihan kuliner yang mantap di makan siang Anda.

Sejarah Kuliner Betawi

        Sebagaimana disebutkan di atas, sejarah betawi sangat dipengaruhi oleh budaya dan pola hidup masyarakat betawi. Kita bisa melihat hal ini dari beragamnya kuliner khas betawi. Kuliner betawi mendapat banyak pengaruh dari berbagai budaya lain seperti budaya Cina, Arab dan Eropa. Pengaruh budaya cina bisa dilihat dari digunakannya tahu dan ikan seperti ikan cing cuan. Ikan cing cuan sendiri adalah ikan ekor kuning yang dimasak dengan bumbu tauco. Dendeng dan bihun goreng yang biasa disantap dengan nasi uduk juga memilki pengaruh dari budaya Cina. Sementara pengaruh budaya arab bisa dilihat dari kuliner nasi kebuli atau Gule. Dan pengaruh budaya eropa bisa dilihat di kuliner seperti semur jengkol dan lapis legit yang dipengaruhi oleh steak dan cake dari Eropa pada saat itu. Semur mempunyai kemiripan dengan Calderada dari Portugis dan juga mirip dengan kebanyakan hidangan Belanda yang dimasak dengan cara direbus. Perkedel pun merupakan warisan kuliner dengan pengaruh budaya Belanda

https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-soto-betawi

keunikan soto betawi


            Kenikmatan citarasa Soto Betawi untuk menu usaha tidak hanya bisa dinimati oleh orang Jakarta dan sekitarnya saja loch. Untuk anda yang berada di daerah lain, peluang usaha Soto Betawi juga cukup mumpuni apalagi kalau anda bertemopat tinggal sekitar wilayah pendatang. Misalnya saja, area kampus. Menu yang beda dari pilihan lain pasti jadi pilihan para pelanggan!
            Isi soto Betawi seperti daging goreng dan jeroan seperti hati, limpa, usus, dan babat, lalu diberi potongan tomat segar, daun bawang, emping, kerupuk, dan bawang goreng. Soto Betawi dimakan bersama acar mentimun dan sambal rawit merah.
            Uniknya, kuah Soto Betawi kadang dicampur susu sapi supaya terasa lebih enak tapi tentu saja sesuai selera anda masing-masing. Atau, susu sapi dan santan bisa diganti kremer supaya lebih sehat dibanding kedua bahan tersebut.
Nah untuk pemula, resep berikut dari sajiansedap bisa jadi alternatif latihan masak soto betawi. Ini dia rekomendasinya!
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram daging sandung lamur, dipotong 1 x 2 cm
1.500 ml air untuk merebus daging
150 gram babat, direbus
100 gram paru, direbus
2 lembar daun salam
3 cm kayumanis
1 sendok teh pala bubuk
800 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak
Bumbu Halus:
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 sendok teh ketumbar, disangrai
3/4 sendok teh merica
3/4 sendok teh jinten
3 butir kemiri, disangrai
6 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
Pelengkap:
2 batang daun bawang, diiris tipis
1 batang daun seledri, diiris tipis
2 buah tomat, dipotong – potong
kecap manis
bawang goreng
emping goreng
Sambal Rawit:
20 buah cabai rawit merah, direbus
1/4 sendok teh garam
Cara Pengolahan :
  1. Rebus daging dengan air sampai lunak dan empuk. Ukur kaldunya 1.500 ml.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, kayumanis, dan pala sampai harum. Masukkan daging dan jeroan. Aduk rata.
  3. Masukkan kaldu. Masak sampai mendidih. Masukkan santan.
  4. Sajikan dengan pelengkap dan sambal
 http://pujianitri.blogspot.com/2015/05/keunikan-soto-betawi-dan-resepnya.html

2. Soto banjar 

     Soto Banjar adalah salah satu masakan tradisional dari Kalimantan selatan, kususnya Banjarmasin. Soto Banjar merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, soto ini memiliki keunikan dalam penyajian dan cita rasanya.
        Soto Banjar ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Bumbu yang di haluskan berupa bawang merah, bawang putih, merica. Bumbu rempah yang di gunakan berupa kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Pada proses pembuatannya, ayam di rebus bersama garam, daun salam dan jahe hingga empuk. Setelah ayam empuk lalu di angkat, kemudian bumbu yang di haluskan dan bumbu rempah tadi di tumis hingga harum kemudian di masukan kedalam air kaldu. Campuran bumbu yang di tumis dan kaldu ayam tadi akan memberikan aroma dan cita rasa yang sedap pada kuah Soto Banjar.
      Soto Banjar berbeda dengan soto di Indonesia pada umumnya. Berbagai bahan pelengkap yang di gunakan seperti mie soun, ketupat yang di potong kecil, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawang dan batang seledri. Pada proses penyajiannya, ayam yang sudah di matang tadi disuwir – suwir. Kemudian mie soun, perkedel kentang dan ketupat tadi di siapkan kedalam mangkok bersama ayam yang di suwir tadi. Tidak lupa taburkan irisan batang seledri  dan daun bawang. Kemudian bahan yang sudah di masukan kedalam mangkok tersebut di siram dengan kuah. Untuk menabah cita rasa, kita bisa menggunakan jeruk nipis, bawang goreng, sambal dan kecap manis.

Gambar : Penyajian Soto Banjar
Cita rasa dari Soto Banjar ini memang unik. Rasa gurih dari kaldu dan bumbu yang menyatu dalam kuah soto memberikan cita rasa yang kuat pada Soto Banjar ini. Selain itu perpaduan bahan pelengkap yang bermacam - macam tadi membuat sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Menu satu ini sangat nikmat ketika di santap saat siang hari yang panas, di temani dengan kerupuk dan teh manis membuat makan siang anda lebih nikmat.
Kuliner satu ini bisa kita temukan di warung soto di Banjarmasin. Dalam perkembangannya, menu satu ini tidak hanya populer di Kalimantan selatan, makanan satu ini sudah menyebar ke seluruh daerah di pulau Kalimantan dan di indonesia. Banyak penjual yang menjajakan menu satu ini untuk memuaskan rasa kangen masyarakat akan Soto Banjar. 
 
http://www.negerikuindonesia.com/2015/04/soto-banjar-kuliner-tradisional.html
 
        Soto Banjar adalah salah satu masakan tradisional dari Kalimantan selatan, kususnya Banjarmasin. Soto Banjar merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, soto ini memiliki keunikan dalam penyajian dan cita rasanya.
Soto Banjar ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Bumbu yang di haluskan berupa bawang merah, bawang putih, merica. Bumbu rempah yang di gunakan berupa kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Pada proses pembuatannya, ayam di rebus bersama garam, daun salam dan jahe hingga empuk. Setelah ayam empuk lalu di angkat, kemudian bumbu yang di haluskan dan bumbu rempah tadi di tumis hingga harum kemudian di masukan kedalam air kaldu. Campuran bumbu yang di tumis dan kaldu ayam tadi akan memberikan aroma dan cita rasa yang sedap pada kuah Soto Banjar.


 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa