Langsung ke konten utama

Ingredients 2


1. lemon
Asal Usul dan Morfologi Jeruk Lemon








Asal usul secara tepat dari lemon masih misteri, walaupun dianggap secara meluas bahawa lemon pertama tumbuh di India, utara Burma dan China. Di Asia Tenggara dan Selatan, ia dikenali kerana sifat antiseptik dan digunakan sebagai penawar untuk pelbagai racun. Lemon masuk ke Eropah (di dekat Itali selatan) paling lambat pada abad ke-1 Masihi, pada masa Romawi Kuno. Namun, tidak banyak yang ditanam. Lemon kemudian diperkenalkan ke Parsi dan kemudian ke Iraq dan Mesir sekitar tahun 700. Lemon pertama kali tercatat dalam kesusasteraan dalam risalah Arab abad ke-10 mengenai pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebun Islam awal. Ia diedarkan secara meluas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterranian antara 1000 dan 1150 M. Asal genetik lemon bagaimanapun, dilaporkan merupakan hibrid atau persilangan antara jeruk pahit dan jeruk sitron (Citron). Penanaman lemon besar pertama di Eropa bermula di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan itu. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Lemon terutama digunakan sebagai perhiasan dan obat. Pada abad ke-18 dan 19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California, ketika itu lemon mula digunakan dalam masakan dan perisa. Pada 1747, uji coba James Lind pada pelaut yang menderita penyakit skurvi melibatkan penambahan vitamin C dalam diet mereka dengan jus lemon. Jalur etimologi perkataan lemon menunjukkan asal Timur Tengah. Salah satu sebutan paling awal "lemon" dijumpai dalam dokumen Inggris Tengah antara 1420-1421, kemudian lemon muncul pada Perancis Lama, limone (Itali), laymūn atau limun (Arab), dan līmūn (Parsi)


jasaforbisnis.blogspot.com/2018/03/asal-usul-jeruk-lemon.html




15 Manfaat Air Lemon bagi Kesehatan yang Tak Terduga





Photo Credit: Pexels.com/Lisa Fotios


 Manfaat air lemon ternyata banyak sekali, terutama untuk kesehatan tubuh Anda. Selain harganya yang relatif terjangkau, lemon mengandung sekitar 5 persen asam sitrat dan merupakan sumber yang kaya vitamin C. Tidak heran ada banyak manfaat jeruk lemon yang bisa kita nikmati.
Khasiat dan Manfaat Air Lemon Perlu diketahui bahwa lemon juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B, riboflavin dan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor serta protein dan karbohidrat. Lalu apa saja khasiat lemon bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya berikut ini. Meski asam, lemon ternyata bisa membatu untuk menurunkan berat badan dan juga bagus untuk kecantikan. Ini beberapa manfaat lemon yang sangat baik untuk kesehatan:
1. Baik untuk perut

Manfaat air lemon dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air panas, termasuk di antaranya mual, mulas dan membuang parasit. Dengan minum jus lemon secara teratur, perut Anda dibantu untuk menghilangkan kotoran secara lebih efisien. Lemon bertindak sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Asupan jus lemon bisa menyembuhkan sembelit. Bahkan manfaat air lemon lainnya adalah berfungsi sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi empedu lebih banyak.
2. Perawatan kulit

Manfaat air lemon yang kedua adalah dapat menjadi obat antiseptik alami, yang bertugas untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan kulit. Mengonsumsi air jeruk lemon secara teratur dapat memberikan perubahan besar dalam penampilan kulit Anda. Lemon memiliki fungsi sebagai obat anti-penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo. Bahkan jika ditempelkan pada daerah luka bakar dapat memudarkan bekas luka.
3. Perawatan gigi

Tahukah Anda bahwa manfaat jeruk lemon juga sangat penting dalam perawatan gigi? Ya, berkumur dengan jus lemon segar ternyata bisa membantu dalam menyingkirkan rasa sakit gigi. Manfaat buah lemon pada gusi dapat menghentikan perdarahan gusi. Cara ini juga mencegah bau busuk dan masalah lain yang berkaitan dengan gusi.
4. Menyembuhkan infeksi tenggorokan

Lemon adalah buah yang sangat baik dalam membantu memerangi masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis akibat bakteri. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, Anda bisa berkumur dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.
5. Menurunkan berat badan

Rutin meminum air jeruk nipis membuka jalan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Memanfaatkan jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu, juga dapat membantu mengurangi berat badan.
6. Kontrol tekanan darah tinggi

Khasiat lemon bekerja bak ramuan ajaib khususnya bagi orang yang memiliki masalah jantung. Buah lemon memiliki kandungan kalium tinggi di dalamnya. Diet tinggi kalium juga dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, mual, membantu relaksasi pikiran, mengurangi stres mental dan depresi.
7. Membantu penyembuhan gangguan napas

Khasiat jeruk lemon juga dapat membantu dalam menyembuhkan masalah pernapasan, terutama pada orang yang menderita asma.
8. Mengobati rematik

Manfaat air lemon dapat membantu mengobati rematik serta radang sendi karena buah ini memiliki sifat diuretik, dengan cara mengeluarkan bakteri dan racun dari tubuh.
9. Meredakan demam

Manfaat jeruk lemon dapat mengobati seseorang yang menderita flu atau demam, dengan meningkatkan produksi keringat.
10. Pembersih darah

Khasiat jeruk lemon selanjutnya bisa membersihkan darah. Penyakit-penyakit seperti kolera atau malaria dapat diobati dengan air lemon karena mempunyai sifat sebagai pembersih darah.
11. Membantu mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Minum air lemon tidak hanya membantu mendapatkan lebih banyak asam sitrat, tetapi juga air yang Anda butuhkan untuk mencegah batu ginjal.

Minum 1/2 cangkir air lemon menyediakan jumlah asam sitrat yang sama yang Anda temukan dalam berbagai resep.
12. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum jus lemon sangat membantu bagi orang yang menderita masalah jantung karena mengandung potasium. Manfaat air lemon dapat mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, dan mual karena memberikan sensasi menenangkan untuk keduanya, pikiran dan tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, asupan air lemon setiap hari yang diimbangi dengan olahraga efektif untuk tekanan darah tinggi. Penelitian lain juga mengingatkan pentingnya makanan kaya vitamin C dalam mencegah berbagai penyakit jantung koroner.
13. Perawatan rambut

Jus lemon telah terbukti bermanfaat dalam perawatan rambut dalam skala luas. Bila dioleskan ke kulit kepala, manfaat buah lemon bisa mengatasi ketombe, rambut rontok dan masalah lain yang berkaitan dengan rambut dan kulit kepala. Jika Anda menerapkan air lemon langsung ke rambut, ternyata bisa membuat rambut Anda berkilau kilau alami.
14. Memudarkan bekas luka

Khasiat jeruk lemon mampu mendinginkan luka bakar dan membantu bekas luka, karena buah lemon marupakan agen pendingin, yang mengurangi sensasi terbakar pada kulit yang mengalami luka bakar.
15. Menghentikan pendarahan di dalam tubuh

Buah lemon memiliki sifat antiseptik dan koagulan, sehingga manfaat buah lemon dapat menghentikan pendarahan internal. Masukkan bola kapas kecil ke dalam air lemon, kemudian letakkan di dalam hidung untuk menghentikan mimisan.

Jika Anda sedang dalam kondisi kesehatan yang baik dan bobot tubuh 70 kg atau kurang, disarankan untuk memeras setengah buah lemon dan menyajikannya ke dalam satu gelas air. Minum dua kali sehari. Namun, jika Anda berbobot lebih dari 70 kg, peras satu lemon utuh ke dalam segelas air. Untuk manfaat lemon yang lebih maksimal, minum dua kali sehari. manfaat lemon untuk kesehatan
Efek Samping Minum Air Lemon

Air lemon pada umumnya sangat aman untuk diminum. Namun, asam pada lemon dapat merusak email gigi secara perlahan bila sering meminumnya, yang membuat gigi Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang.

Tips untuk menghindari efek sampingnya, minumlah air lemon menggunakan sedotan bila memungkinkan, untuk menghindari kontak dengan gigi Anda.

Bilaslah mulut dengan air setelah minum air lemon. Jika ingin menyikat gigi setelah minum air lemon, sebaiknya tunggu dulu hingga satu jam. Langsung menyikat gigi setelah minum air lemon dapat merusak email gigi, karena sifat asam dari air lemon dapat melunakkan email gigi sehingga memyebabkan kerusakan dan rentan gigi berlubang.

Jika meminum air lemon saat sarapan pagi, sebaiknya menggosok gigi terlebih dahulu. Kesimpulannya, air lemon aman dikonsumsi bahkan sangat baik untuk kesehanan Anda. Namun, sifat asam dari air lemon dapat merusak email gigi jika meminumnya terlalu sering.




https://doktersehat.com/10-khasiat-air-lemon/



Kandungan Gizi Jeruk Lemon per 100g

Berikut ini adalahkandungan gizi dalam buah Jeruk Lemon pada setiap 100 gramnya (3,5oz).




Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%


Kalori

29 kal




Karbohidrat

9,3g




Air

89%




Protein

1,1g




Gula

2,5g




Serat

2,8g




Lemak

0,3g




Vitamin A

1µg

0%


Vitamin C

53mg

59%


Vitamin D

0µg




Vitamin E

0,15mg

1%


Vitamin K

0µg

0%


Vitamin B1 (Thiamine)

0,04mg

3%


Vitamin B2 (Riboflavin)

0,02mg

2%


Vitamin B3 (Niacin)

0,1mg

1%


Vitamin B5 (Panthothenic acid)

0,19mg

4%


Vitamin B6 (Pyridoxine)

0,08mg

6%


Vitamin B9 (Folat)

11µg

3%


Vitamin B12

0µg




Cholin

5,1mg

1%


Kalsium

26mg

3%


Zat Besi

0,6mg

8%


Magnesium

8mg

2%


Fosfor

16mg

2%


Potassium (Kalium)

138mg

3%


Sodium

2mg

0%


Seng (Zinc)

0,06mg

1%


Tembaga (Copper)

0,04mg

4%


Manganese

0,03mg

1%


Selenium

0,4µg

1%





https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-jeruk-lemon-manfaat-jeruk-lemon-bagi-kesehatan/




2. jeruk nipis

Asal Usul Jeruk Nipis dan Morfologinya









A. Asal Usul



Tanaman jeruk merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. sejak ratusan tahun yang lalu jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami maupun dibudidayakan. Jeruk nipis selalu tersedia disepanjang tahun kualitas jeruk nipis dapat diketahui dari warna, kejernihan, dan tekstur kulit bukan dari ukuran buahnya. Tekstur kulit perlu diperhatikan semakin tipis kulitnya semakin banyak airnya. Jeruk nipis berukuran kecil dan sedang biasanya memiliki kulit lebih tipis dari pada berukuran besar. Jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia. Jeruk nipis atau Limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat seperti bola berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3,5 – 5 cm, umumnya mengandung daging buah masam. Selain di Indonesia jeruk nipis juga dikenal di Negara belahan dunia lain seperti Amerika maupun di Eropa.



Asal usul dan penyebaran jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara. Jeruk nipis Memiliki nama daerah yang berbeda- beda kalau di Sumatera à Aceh: Kelangsa, Sumatra Barat: Limau kapeh. Jawa à Sunda: Jeruk nipis, jawa: jeruk Pecel, Madura: jeruk durga. Nusa Tenggara à Jeruk alit, Kaputungan, Bali: Lemo, Bima: Dongaceta, Flores: Mudutelong, Sawu: Jeru, Salor: Mudakeneo, Roti: Delomaki. Kalimantan à Lemau nipis, Sulawesi à Lemau ape, Bugis: Lemo Kapasa, Makasar: lemo kadasa. Maluku à Buru: Puhat em nepi, Ahusi hinsi, Seram: aupsifis, inta, lemonepis, ausinepis, Ambon: Usinepesa, Halmahera: Wanabeuda. Dinegara lain Citrus Aurantifolia juga memiliki nama Negara sendiri contohnya di Malaysia disebut Limau asam, sedangkan di Eropa dan Amerika: Lime, Sour lime, ataupun Common lime (Dalimarta, S. 2007).




2. Klasifikasi



Citrus aurantifolia dikenal dengan nama jeruk nipis. Klasifikasi tanaman ini adalah sebagai berikut :


Kingdom : Plantae


Divisio : Spermatophyta


Subdivisio : Angiospermae


Klas : Dicotyledonae


Bangsa : Rutales


Famili : Rutaceae


Genus : Citrus


Species : Citrus aurantifolia (Cristm.) Swingle




C. Morfologi




Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) termasuk salah satu jenis Citrus Geruk. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Tingginya sekitar 0,5-3,5 m. Batang pohonnya berkayu ulet, berduri, dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Daunnya majemuk, berbentuk ellips dengan pangkal membulat, ujung tumpul, dan tepi beringgit. Panjang daunyya mencapai 2,5-9 cm dan lebarnya 2-5 cm. Sedangkan tulang daunnya menyirip dengan tangkai bersayap, hijau dan lebar 5-25 mm. Bunganya berukuran majemuk/tunggal yang tumbuh di ketiak daun atau di ujung batang dengan diameter 1,5-2,5 cm. kelopak bungan berbentuk seperti mangkok berbagi 4-5 dengan diameter 0,4-0,7 cm berwama putih kekuningan dan tangkai putik silindris putih kekuningan. Daun mahkota berjumlah 4-5, berbentuk bulat telur atau lanset dengan panjang 0,7-1,25 cm dan lebar 0,25-0,5 cm berwarna putih Tanaman jeruk nipis pada umur 2,5 tahun sudah mulai berbuah. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong dengan diameter 3,5-5 cm berwarna (kulit luar) hijau atau kekuning-kuningan. Tanaman jeruk nipis mempunyai akar tunggang. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Tanaman jeruk umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung (CCRC, 2009)





http://jasaforbisnis.blogspot.com/2018/03/asal-usul-jeruk-nipis-dan-morfologinya.html




Kandungan nutrisi dari jeruk nipis





Sebelum membahas manfaat jeruk nipis, Anda perlu tahu lebih dahulu kandungan nutrisinya. Berdasarkan Data Kemenkes RI, dalam 100 gram jeruk nipis mengandung berbagai jenis nutrisi, meliputi:


Makronutrien
Energi (Energi): 44 kalori
Protein (Protein): 0,5 gram
Lemak (Lemak): 0,2 gram
Karbohidrat (CHO): 10,0 gram
Serat (Serat): 0,4 gram
Abu (ASH): 0,4 gram


Mineral
Kalsium (Ca) : 18 miligram
Fosfor (P) : 22 miligram
Besi (Fe) : 0.2 miligram
Natrium (Na) : 3 miligram
Kalium (K) : 108.9 miligram
Tembaga (Cu) : 0.06 miligram
Seng (Zn) : 0.1 miligram



Vitamin dan antioksidan
Beta-Karoten (Carotenes) : 23 mikrogram
Karoten Total (Re) : 4 mikrogram Thiamin (Vit. B1) : 0.01 mikrogram
Riboflavin (Vit. B2) : 0.03 mikrogram
Niasin (Niacin) : 0.2 mikrogram
Vitamin C (Vit. C) : 20 mikrogram
Berbagai manfaat jeruk nipis bagi tubuh





Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, air merupakan zat yang penting bagi tubuh. Sekitar 70 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain bertugas untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, air juga berfungsi untuk membuang zat racun yang mengendap di dalam tubuh sekaligus mendukung tersedianya energi untuk beraktivitas.


Sayangnya, tidak semua orang suka minum air putih biasanya dalam jumlah banyak karena dinilai tidak berasa. Sebagai gantinya, mereka lebih memilih minum minuman yang berasa seperti jus, teh, atau susu. Padahal, beberapa minuman tersebut mengandung pemanis tambahan yang menyumbang asupan kalori berlebihan.


Jika Anda juga tidak suka air putih, Anda bisa mencoba mengganti kebiasaan tersebut dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam minuman. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air jeruk nipis juga memberikan beberapa manfaat seperti:
1. Meremajakan kulit


Beberapa produk perawatan kulit mungkin menyatakan bahwa produk mereka dapat menyehatkan dan membuat wajah terlihat lebih muda. Namun, Anda sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki penampilan kulit.


Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan alami andalan untuk merawat kecantikan kulit. Pasalnya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Itu sebabnya, manfaat minum air jeruk nipis dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.


Sebaiknya, hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung pada kulit Anda. Terpapar sinar matahari secara langsung setelah mengoleskan air jeruk nipis dapat menyebabkan phytophotodermatitis.


Phytophotodermatitis adalah kondisi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu mengakibatkan kulit terbakar atau mengalami peradangan saat terpapar sinar matahari. Akibatnya, area kulit tersebut akan tampak kemerahan, gatal, dan terasa panas.
2. Melancarkan pencernaan


Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.


Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah. Selain itu, asupan air dari perasan jeruk pecel ini juga bisa membantu Anda untuk mengeluarkan feses lebih lancar.
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.


Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu Anda saat sakit. Untuk itu, jenis buah jeruk-jerukan sangat direkomendasikan supaya Anda tidak gampang sakit.
4. Membantu menurunkan berat badan


Banyak yang bilang jika minum perasan air jeruk nipis bisa bikin Anda kurus alias mampu menurunkan berat badan. Namun, benarkah hal ini?


Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu Anda dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk pecel ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh.


Namun, harus diingat, Anda tidak mungkin hanya mengandalkan cara ini untuk menurunkan berat badan. Cara ini hanya sedikit membantu usaha Anda saat menurunkan berat badan. Anda perlu melakukan aktivitas fisik, supaya kalori yang terbakar jadi lebih banyak. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan memperbanyak konsumsi buah atau sayur akan dapat membantu Anda.
5. Menjaga kadar gula darah


Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diharuskan menjaga kadar gulanya tetap normal. Pasalnya, insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.


Nah, jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Alhasil, kadar gula darah di dalam tubuh Anda pun dapat lebih terjaga.
6. Mengurangi risiko penyakit jantung


Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.


Selain itu, penelitian yang sedang berlangsung menyelidiki bahwa terdapat senyawa dalam jeruk nipis yang bernama limonin yang mungkin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
7. Menurunkan risiko kanker


Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel abnormal yang bisa berkembang di bagian tubuh mana saja, seperti payudara, paru-paru, dan ginjal. Jika dibiarkan, sel kanker bisa menyebar ke jaringan lainnya dan membahayakan jiwa.


Faktanya, manfaat minum air jeruk nipis diyakini dapat menurunkan risiko terkena kanker. Ini berkat kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis yang akan membantu menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun.
8. Mengatasi penyakit peradangan


Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya, dapat dikurangi gejalanya dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Ya, manfaat jeruk nipis yang mengandung vitamin C di dalamnya dapat meredakan gejala peradangan dari berbagai penyakit.


Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of the Rheumatic Disease, menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit, berisiko menderita arthritis sebanyak tiga kali lebih besar ketimbang orang mendapatkan asupan vitamin C secara optimal.


Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat. Asam urat merupakan produk sisa dari pemecahan makanan tinggi purin seperti daging, hati, jamur, dan kacang-kacangan.
9. Mencegah dehidrasi


Campuran air dan perasan sari buah kelangsa ini memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Rasa asam dan segar dari minuman ini tentu membuat Anda minum lebih banyak ketimbang minum air putih biasa yang hambar.


Namun, umumnya minuman sari jeruk nipis yang sering Anda pesan di restoran atau rumah makan, mengandung tambahan gula. Jadi, jangan terlalu banyak minuman jenis ini. Lebih baik Anda membuatnya sendiri sehingga takaran gula bisa dikurangi atau diganti dengan madu.






https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/8-manfaat-air-jeruk-nipis-bagi-kesehatan/






\






3.Apple



SEJARAH BUAH APEL DI INDONESIA








Sejarah buah Apel di Indonesia pertama kali ditanam di Asia Tengah, kemudian berkembang luas di wilayah yang lebih dingin. Apel yang dibudidayakan memiliki nama ilmiah Malus domestica yang menurut sejarahnya merupakan keturunan dari Malus sieversii dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar) yang ditemui hidup secara liar di pegunungan Asia Tengah, di Kazakhstan, Kirgiztan, Tajikistan, dan Xinjiang, Cina.


Tanaman buah apel masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930-an dibawa oleh orang Belanda bernama Kreben kemudian menanamnya di daerah Nongkojajar (Kabupaten Pasuruan). Pada tahun 1953, Bagian Perkebunan Rakyat (sekarang bernama Lembaga Penelitian Hortikultura) mendatangkan beberapa jenis apel dari luar negeri, termasuk Rome Beauty dan Princess Noble. Selanjutnya, sejak tahun 1960 tanaman apel sudah banyak ditanam di Batu, Malang untuk mengganti tanaman jeruk yang mati diserang penyakit.


Sejak saat itu tanaman buah apel terus berkembang hingga sekarang di dataran tinggi Kota Batu, Poncokusumo (Malang) dan Nongkojajar (Pasuruan) dan masa kejayaannya pada sekitar tahun 1970.


Sekarang buah apel telah tersebar luas di seluruh Indonesia, disukai banyak orang, dan harganya relatif terjangkau. Adanya globalisasi perdagangan menyebabkan kita di Indonesia dapat mengkonsumsi apel dari Amerika, Australia, Cina, ataupun Taiwan disamping apel lokal dari Malang. Ketersediaannya melimpah di pasaran dan nyaris tidak tergantung musim. Jadi,setiap saat kita dapat mengkonsumsi buah apel.


https://www.e-jurnal.com/2013/12/sejarah-buah-apel-di-indonesia.html



Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan
















Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan – Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di dunia. Buah pada awalnya berasal dari Asia Tengah kini telah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara dan telah menjadi salah satu makanan sehat bagi hampir semua penduduk di dunia. Buah Apel yang biasanya dikonsumsi langsung ataupun dijadikan Jus minuman ini mengandung Serat makanan (fiber), Vitamin C dan berbagai jenis Antioksidan yang tinggi.

Baca juga : Jenis-jenis vitamin dan fungsinya.



Kandungan Gizi Buah Apel per 100g


Berikut ini adalah kandungan gizi dalam buah Apel pada setiap 100 gramnya (3,5oz).







Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%


Kalori

52 kkal




Karbohidrat

13,8g




Air

86%




Protein

0,3g




Gula

10,4g




Serat

2,4g




Lemak

0,2g




Vitamin A

3µg

0%


Vitamin C

4,6mg

5%


Vitamin D






Vitamin E

0,18mg

1%


Vitamin B1 (Thiamine)

0,02mg

1%


Vitamin B2 (Riboflavin)

0,03mg

2%


Vitamin B3 (Niacin)

0,09mg

1%


Vitamin B5 (Panthothenic acid)

0,06mg

1%


Vitamin B6 (Pyridoxine)

0,04mg

3%


Vitamin B9 (Folat)

3µg

1%


Vitamin B12

0µg




Cholin

3,4mg

1%


Kalsium

6mg

1%


Zat Besi

0,12mg

2%


Magnesium

5mg

1%


Fosfor

11mg

2%


Potassium

107mg

2%


Sodium

1mg

0%


Seng

0,04mg

0%



AKG% = Angka Kecukupan Gizi harian berdasarkan diet 2000 kalori. AKG dalam bahasa Inggris disebut dengan Daily Value (DV).




Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan


Buah yang berasal dari Pohon Apel (nama ilmiah disebut dengan Malus domestica) ini mempunyai banyak manfaat bagi kita yang mengkonsumsinya. Manfaat-manfaat buah apel diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Mencegah Risiko Alzheimer


Sebuah penelitian baru yang dilakukan pada tikus menunjukan bahwa minum jus buah apel dapat melawan efek penuaan pada otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Tikus yang diberikan diet apel tersebut menunjukan adanya peningkatan level neurotransmitter asetilkolin dan dapat melakukan tes labirin (maze) lebih baik dibandingkan dengan tikus yang diberikan diet regular. Sebagai catatan, Alzheimer adalah kelainan yang ditandakan dengan adanya penurunan daya ingat dan juga penurunan kemampuan berbicara dan berpikir.
2. Menurunkan kadar Kolesterol


Serat larut yang terdapat pada apel akan mengikat lemak di usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.
3. Mengendalikan Berat Badan


Berat Badan yang berlebihan merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan kesulitan tidur. Untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, umumnya dokter akan menyarankan diet yang kaya serat. Apel merupakan salah satu makanan yang kaya serat dengan jumlah kalori yang relatif rendah.
4. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh


Apel merah mengandung antioksidan yang disebut dengan Quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama saat kita mengalami Stress.
5. Mencegah Katarak


Katarak merupakan penyakit yang mengaburkan penglihatan dan sangat umum terjadi. Sebuah penelitian jangka panjang menemukan bahwa orang yang menkonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah apel akan menurunkan risiko terkena penyakit katarak sekitar 10% hingga 15%.
6. Menurunkan risiko terkenanya penyakit Kanker


Para peneliti yang berasal dari Universitas Cornell mengidentifikasikan beberapa senyawa yang terdapat pada kulit apel (senyawa triterpenoids) dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama sel kanker hati, usus besar dan payudara.
7. Menurunkan risiko Diabetes


Apel yang merupakan buah yang kaya serat larut dapat mengendalikan gula darah dengan melepaskannya zat gula lebih lambat ke dalam aliran darah. Dengan demikian, lonjakan gula darah yang dikuatirkan oleh penderita Diabetes akan terhindari. Serat larut juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat membantu penderita diabetes pulih lebih cepat dari infeksi.
8. Jantung yang lebih Sehat


Senyawa Fenolik yang terdapat pada kulit buah apel dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol dengan memperkuat dinding pembuluh arteri atau pembuluh nadi dan mencegah pembentukan plak (plaque) di dalam arteri. Pembentukan plak dalam arteri inilah yang dapat mengurangi aliran darah ke jantung sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner.
9. Mencegah Batu Empedu (Gallstones)


Batu Empedu terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol dalam empedu kita. Apel yang kaya dengan serat dapat membantu kita dalam mengendalikan kolesterol dan berat badat yang merupakan penyebab utama terbentuknya batu empedu.
10. Membantu sistem pencernaan


Apel mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit seperti sembelit dan diare dapat dicegah. Apel juga mengandung Pektin yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga dapat membantu usus untuk bekerja lebih maksimal.


Sumber referensi : Kandungan Gizi buah Apel per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat buah Apel bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Sejarah Perkembangan Apel di Indonesia


[cml_media_alt id='1525']Apel Osako Koleksi Balitjeestro Indonesia[/cml_media_alt]
Apel pertama kali ditanam di Asia Tengah, kemudian berkembang luas wilayah yang lebih dingin. Apel yang dibudidayakan memiliki nama ilmiah Malus domestica yang menurut sejarahnya merupakan keturunan dari Malus sieversii dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar) yang ditemui hidup secara liar di pegunungan Asia Tengah, di Kazakhstan, Kirgiztan, Tajikistan, dan Xinjiang, Cina, dan kemungkinan juga Malus sylvestris. Tanaman ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930-an dibawa oleh orang Belanda dari Australia kemudian menanamnya di daerah Nongkojajar (Kabupaten Pasuruan).
03Pada tahun 1953, Bagian Perkebunan Rakyat (sekarang : Lembaga Penelitian Hortikultura) mendatangkan beberapa jenis apel dari luar negeri, termasuk Rome Beauty dan Princess Noble. Selanjutnya, sejak tahun 1960 tanaman apel sudah banyak ditanam di Batu untuk mengganti tanaman jeruk yang mati diserang penyakit. Sejak saat itu tanaman apel terus berkembang hingga sekarang di dataran tinggi Kota Batu, Poncokusumo (Malang) dan Nongkojajar (Pasuruan) dan masa kejayaannya pada tahun sekitar 1970an. Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) saat ini memiliki koleksi plasma nutfah apel sekitar 73 varietas, dan diantaranya terdapat 10 varietas apel harapan.
Dalam literatur lainnya, sejarah apel  di Indonesia dimulai sejak didatangkan dari Australia pada tahun 1934 dan pertama ditanam di Desa Tebo Pujon Malang sebanyak 20 varietas (Kusumo dan Surahmat,  1974) dan dalam perkembangannya Batu, Malang dan Nongkojajar Pasuruhan Jawa Timur menjadi daerah sentra produksi apel di Indonesia dimana tanaman apel telah di usahakan petani sekitar 1950 dan setelah 1960 tanaman apel terus berkembang pesat (Wahyudu T, 1980). Selama tahun 1984 – 1988 tanaman apel di Jawa Timur menunjukan perkembangan yang pesat, pada tahun 1984 terdapat 7.303.372 pohon bekembang menjadi 9.047.276 pohon pada tahun 1988 atau meningkat 4,7% tiap tahunnya. Sedangkan produksinya meningkat dari 146.690 ton pada tahun 1984 menjadi 275.065 ton pada tahun 1988 atau meningkat 17,5% tiap tahunnya (Puji Santoso ett all, 1991). Dari data dinas pertanian (2008), sebelum 2000 jumlah apel di Batu sebanyak 3.107.195 pohon. Jumlah tersebut menghasilkan buah sebanyak 147 ribu ton per tahun. Namun, pada 2004 mengalami penurunan sampai 1 juta pohon. Tahun 2004 pohon apel berjumlah 2 juta pohon dan hanya menghasilkan produktivitas 46 ribu ton per tahun.
Seiring  perkembangan apel yang pesat di Jawa Timur juga muncul berbagai  serangan hama dan penyakit  utama tanaman apel yang sebagian besar hama bisa diatasasi oleh petani namuin penyakit selalu muncul silih berganti, diantaranya penyakit Embun Tepung (0idium sp.) disebabkan jamur Pospaera leucotrich (Junell L, 1967) sudah muncul di Indonesia pada tahun 1960 sejak tanaman apel diusahakan besar besaran (Sastrahidayat I.I, 1983) dan pada tahun 1985 di daerah Batu Malang diberitakan bahwa hampir 90 persen tanaman Apel di Batu terserang terserang jamur ini dengan intensitas sampai 54,45 persen dan menurunkan produksi 50%.
Varietas Jonathan paling rentan terhadap serangan jaumur Oidium ini dibandingkan varietas Rome Beauty, Manalagi  dan Sweet Caroline (Nur Imah Sidik dan Sarwono, 1985). Kemudian penyakit bercak daun Marsonina coronaria muncul pada tahaun 1981 dimana varietas Rome Beauty yang paling rentan terhadap serangan Marsonina coronaria dibandingkan dengan varietas Pricesse Noble, Anna dan Manalagi (Moch Suria dan Roemiyanto, 1991). Marsonina coronaria menyerang daun umur 7 minggu ke atas atau daun tua. Di Kabupaten Malang tanaman apel  pada tahun 1981 serangannya mencapai 99,46 persen dengan penurunan hasil sampai 92 persen (Nur Imah Sidik dan Catur Hermanto, 1986).
Selain hama penyakit yang timbul dengan perkemabangan yang pesat muncul berbagai masalah budidaya apel lainnya seperti penggunaan pestisida yang berlebihan, pemupukan, dan masalah usahatani yaitu harga buah apel yang selalu berfluktuatif setiap bulannya. Usahatani apel  bisa berjalan dengan mendapatkan keuntungan bila skala minimum usaha dapat dicapai, yaitu untuk tanah sawah 0,164 ha dan pada tanah tegal pada skala minimum 0,390 ha (Puji Santoso ett all, 1991).
[cml_media_alt id='1526']Poster Koleksi Apel Ttropika[/cml_media_alt]Di Kota Batu tanaman apel pada tahun 2000 tercatat ada 3.107.195 pohon  dengan produksi 


.  Disamping itu, sebagian bibit untuk peremajaan mutunya kurang baik dan kegiatan peremajaan tanaman tidak diikuti dengan pengawalan teknologi

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa