Langsung ke konten utama

Ingredients 3

1. Oregano

Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Tanaman ini biasanya cocok digunakan untuk membuat makanan seperti pizza dan spageti.


Manfaat :

Oregano, Bumbu Masakan yang Kaya Manfaat
Oregano, Bumbu Masakan yang Kaya Manfaat (Felixia Amanda)
Bobo.id - Oregano merupakan salah satu bumbu masakan Itali. Selain menambah rasa, oregano juga dapat menambah aroma pada makanan. Oregano terkenal sebagai bumbu masakan yang memiliki aroma yang khas yang masih berkerabat dengan daun mint. Digunakan Oleh Masyarakat  Yunani. Oregano ini pertama kali digunakan oleh orang-orang Yunani dan kemudian didistribusikan di seluruh Eropa dan didistribusikan ke Tiongkok.



Nutrisi :
Oregano mengandung senyawa karvakrol, timol, limonen, pinen, ocimene, dan caryophyllene. Daun dan batang yang menyokong bunga pada tanaman ini bersifat antiseptik, antispasmodik, karminatif, cholagogue, ekspektoran, stimulan, serta tonikum. Oregano bisa dimakan langsung guna mengatasi demam, influenza, sakit perut, serta sakit akibat menstruasi.

Selain itu, oregano juga memiliki khasiat yang dapat menenangkan dan membantu tubuh di saat tidur. Daun dengan aroma yang harum ini juga kaya akan kandungan timol yang berfungsi antiseptik kuat bila digunakan sebagai obat luar.

Karakteristik :

Oregano atau pot marjoram dengan nama ilmiah Origanum vulgare, dikutip dari Wikipedia, merupakan tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Tanaman ini memiliki panjang 20-80 cm. Oregano memiliki bunga berwarna ungu dan daun-daun zaitun hijau berbentuk sekop.
Bunganya berbentuk malai dengan beberapa batang bercabang tumbuh dari tangkai pusat, membentuk perbungaan cembung atau datar-puncak terbuka. Mahkota bunga bisa berwarna ungu, merah muda, atau putih bergantung pada spesiesnya.

2. Mint 




Pepermin merupakan tanaman yang sebagian besar ditanam di Eropa. Tanaman ini digunakan untuk keperluan obat-obatan selama dibutuhkan-tahun. Pepermin terkenal ampuh meredakan sakit perut, dan sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat seperti teh. Pepermin juga merupakan obat yang ideal untuk menghilangkan rasa sakit kepala.

Mentha piperita L., secara umum dikenal sebagai peppermint (The Romanian Mint Rubbing Association, 2012). Mint atau yang dikenal dengan nama “Pudina” untuk beberapa daerah, digunakan sebagai ekstrak dan pengobatan tradisional rumah tangga yang popular untuk meredakan batuk dan pilek. Jenis tanaman mint ini terdiri dari 40 spesies dari tumbuh-tumbuhan herbal hijau yang sebagian besar terdistribusi di belahan bumi utara seperti Eropa, Amerika, Jepang, China, Brazil dan Formosa.

Nutrisi :

KANDUNGAN GIZI
Pepermin

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 70
Jumlah Lemak 0,9 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,5 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 31 mg
Kalium 569 mg
Jumlah Karbohidrat 15 g
Serat pangan 8 g
Protein 3,8 g
Vitamin A 4.248 IU Vitamin C 31,8 mg
Kalsium 243 mg Zat besi 5,1 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 80 mg


Manfaat :
Daun mint (Mentha piperita L.) banyak dimanfaatkan dalam industri farmasi, rokok, makanan antara lain untuk pembuatan pasta gigi, minyak angin, balsam, kembang gula dan lain-lain (Hadipoentyanti, 2012). Berdasarkan penggunaannya sebagai bumbu, mint (Mentha piperita L.) dapat digunakan untuk bumbu daging, ikan, saus, sup, masakan rebus, cuka, minuman teh, tembakau, dan minuman anggur. Ujung daun yang segar dari seluruh jenis mint juga digunakan dalam minum-minuman, buah, saus apel, es krim, jeli, salad, dan sayur. Sedangkan, dalam dunia kedokteran, kandungan ekstrak minyak daun mint yang mudah menguap yaitu menthol digunakan untuk sakit perut, pereda batuk, inhalasi, mouthwashes, pasta gigi, dsb. Daun mint (Mentha piperita L.) digunakan oleh para herbalis sebagai antiseptik, antipruritik, dan obat karminatif.
Karakteristik :
Daun mint berwarna hijau seperti daun pada umumnya karena mengandung klorofil,memiliki tulang daun menjari dengan pinggiran bergerigi dan permukaan daun ditutupi oleh bulu-bulu halus dan agak tebal. Daun mint biasanya banyak tumbuh di lingkungan yang memiliki curah hujan sedang (Dataran tinggi).

Source :


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Peterseli
http://pecintarempahrempah.blogspot.com/2016/10/apa-aja-manfaat-daun-parsley.html?m=1
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Oregano
https://www.google.com/amp/s/bobo.grid.id/amp/08706664/oregano-bumbu-masakan-yang-kaya-manfaat-
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Peterseli
https://www.google.com/amp/s/ulyadays.com/kandungan-manfaat-dan-klasifikasi-daun-mint/amp/
3. STRAWBERRY



1. History of Ingredient

Stroberi merupakan tanaman buah berupa herba yang ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Salah satu spesies tanaman stroberi yaitu Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Selanjutnya spesies lain, yaitu F. vesca L. lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.


2. Nutrient Content

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 32
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 153 mg
Jumlah Karbohidrat 8 g
Serat pangan 2 g
Gula 4,9 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 12 IU Vitamin C 58,8 mg
Kalsium 16 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 13 mg



3. Function of Ingredient

- Menjaga kesehatan mata.
- Menjaga kesehatan sistem pencernaan.
- Anti-inflamasi.
- Anti kanker.
- Menjaga sistem kekebalan tubuh.
- Menjaga kesehatan tulang.
- Menjaga kesehatan jantung.
- Menjaga fungsi otak.


4. Characteristic of Ingredient

- Buahnya berwarna merah terang apabila sudah masak,berbentuk lonjong agak bulat dan memiliki bintik-bintik putih dipermukaannya.
- Semakin merah warna strawberry, bukan berarti buah tersebut semakin manis. Sebab hampir semua strawberry memiliki rasa manis asam yang kuat. Strawberry bisa dijumpai dalam berbagai warna, itu hanya karena varietas, cuaca, dan tanah yang digunakan ketika menanamnya.


Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Strawberry#Kandungan_gizi_dan_manfaat
https://manfaat.co.id/manfaat-strawberry
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa