Langsung ke konten utama

Recipe 11

1. Strudle dough

Bahan :

- A / P flour  180 gr
- Salt 1/2 tsp
- Oil 2 tbsp
- Apple cider vinegar 1/2 tsp
- Water 7 tbsp

Cara membuat :

1. Campurkan bahan kering
2. campurkan semua bahan - bahan cair
3. Masukkan kedalam mixing dough
4. Masukkan cairan tadi sedikit demi sedikit
5. Aduk hingga dough tercampur rata
6. Simpan di chiller salam 3 jam

Filling

Bahan :
- Green apple
- Raisin
- Rhum
- Cinamon powder
- Brown sugar
- White sugar

Cara membuat

1. Potong apple berbentuk dice
2. campurkan raisin dan rhum kemudian simpan di chiller
3. Masak green apple dengan butter hingga keluar cairan
4. strain
5. Masak kembali dan masukkan cinnamon, white sugar dan brown sugar
6. Terakhir masukkan raisin tadi

Roll adonan tadi hingga tipis diatas kain kemudian beri filling tadi, gulung kemudain bake salama 20 menit dengan suhu 200 derajat.
Rasa :manis
Tekstur : Renyah
sejarah :
Apel Strudel, dalam bahasa Inggris adalah apple strudel, dalam bahasa Jerman Austria disebut apfel strudel atau dalam bahasa Slovenia disebut jabolčni zavitek dan dalam bahasa Hongaria disebut almásrétes, adalah kue yang biasa menjadi sajian di istana Imperium Austro-Hongaria, (kini Austria dan Hongaria menjadi negara terpisah).

Resep tertua dari Apel Strudel ditemukan di Wienbibliothek im Rathaus (Perpustaaan Wina di balai Kota) dibuat tahun 1696. Hal ini menunjukkan bahwa pada asalnya kue ini adalah khas tradisonal Austria. Kemudian makanan ini menjadi sajian favorit di istana Imperium Hapsburg (1278–1780) yang sekarang menjadi bagian Jerman. Dari sini makanan ini menjadi tersebar ke Slovenia, Bohemia Morovian (Cekhoslovakia), Perancis, Italia, Rusia dan berbagai negara Eropa lainnya.

Keunikan Apel Strudel adalah terdiri bagian luarnya terbuat dari kulit pastri yan berlapis-lapis dan isinya buah apel segar dengan buah kismis (anggur kering). Rasa bagia kulit pastry bagian luarnya adalah gurih dengan aroma butter, sedangkan bagian dalamnya adalah rasa manis bercampur asam dari buah apel dan kismis.

Apel Strudel yang berkualitas terletak pada tekstur buah apelnya yang masih renyah. Walaupun kue ini dipanggang dengan oven namun buah apelnya kalau digigit masih terasa “kres” tidak terlalu layu. Demikian pula pemilihan jenis apel dan kismis sangat mempengaruhi kualitas Kue Apel Strudel ini. Kualitas Apel Strudel yang baik menggunakan bahan baku kelas satu yait buah apel yang memiliki kandungan air sedikit sehingga renyah, dan kismis yang terbuat dari buah anggur yang manis, tidak terlalu asam. Apel lokal seperti Apel Malang tidak bagus untuk membua Apel Strudel karena kandungan airnya yang tinggi dan rasanya asam. Sehingga ketika dibuat menjadi Apel Strudel agak lembek dan asam.

Mungkin banyak toko pastry lain yang membuat apple strudel namun kami dari Viena Pastry membuat Apel Strudel dengan yang berkualitas dengan memakai bahan baku apel yang bertekstur renyah dan berkadar air rendah. Demikian pula buah kismis yang kami pakai adalah kismis terbaik dan tidak mengeras ketika di-oven. Butter yang kami pakai pun adalah butter berkualitas dengan aroma yang harum.
Viena Pastry menyediakan strudel resep original tertua dari Austria dan resep trudel khas Jerman, strudel Denmark dan berbagai varian strudel lainnya. Hidangan ini cocok untuk hidangan pesta pernikahan, arisan, seminar, acara pertemuan reuni, ulang tahun, atau kumpul keluarga di hari libur maupun hari raya.
 
 
2. Yogurt Cheese Cake

Bahan :

- Cream cheese 500 gr
- Sugar 224 gr
- Fresh milk 30 gr
- Plain Yogurt 500 gr
- Whole Egg 2 pcs
-  Egg yolk 3 pcs
- Orange concentrat 1 tbsp

Cara membuat

1. Mix creeam cheese dan sugar sampai creamy
2. Kemudian masukan fresh milk
3. Campur menjadi satu egg tadi kemudian masukkan kedalam mixing dough secara perlahan.
4. Setelah itu masukkan yogurt.
5. Kemudian masukkan orange concetrat.
6. Masukkan kedalam loyang bulat kemudian bake salama kurang lebih 35 menit dengan suhu 165 derajat.

Rasa : manis dan sedikit asam
Testur : Lembek
Sejarah :


          Cheesecake (bahasa Indonesia: "kue keju") adalah kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup dan dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut, telur, susu, dan gula Keju yang umumnya digunakan untuk membuat cheesecake adalah keju krim, namun dapat juga digunakan keju lainnya seperti cottage cheese, ricotta, mascarpone, neufchâtel ataupun keju quark.Cheesecake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Bagian dasar dari cheesecake dapat diisi dengan biskuit graham, kacang yang dihancurkan, ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh.[1][5][6] Walaupun disebut cake atau bolu, cheesecake bukan merupakan sejenis kue bolu melainkan dapat dikategorikan sebagai pai atau custard yaitu campuran telur dan susu yang dipanggang atau dimasak dengan air panas dan menjadi kental akibat proses koagulasiprotein telur.[Cheesecake dapat dipanggang ataupun tidak dipanggang. Cheesecake yang menggunakan telur umumnya dipanggang untuk mematangkan telur tersebut. Sementara itu, gelatin digunakan untuk cheesecake yang tidak dipanggang Baik dipanggang ataupun tidak, cheesecake harus disimpan di lemari es terlebih dahulu sebelum disajikan

3. Crepe suzette

Bahan :

- Whole egg 4 pcs
- a/p Flour 60 gr
- Milk 30 gr
- Salt 1 pinch
- Water 1 Tbsp
- Butter 45 gr

Cara membuat

1. Campurkan semua bahan menjadi satu.
2. Blender hingga rata.
3. Siapkan pan dan butter
4. Masukkan adonan tadi kedalam pan
5. Masak hingga matang.

Vanilla sugar

Bahan :
- vanilla sugar 2 tbsp
- lemon zest 1 tbs
- orange zest 1 tbs

cara membuat : campurkan semua bahan tersebut kemudian masak hingga boil


Rasa : asem
Tekstur : lembek
sejarah :
Bila dilihat dari sejarahnya, usia Crepes sudah sangat tua. Menurut beberapa sumber, crepes dikenal ribuan tahun lalu. Pada jaman dulu orang sudah menikmati crepes dengan berbagai bentuk. Crepes dikenal sebagai kue dadar yang dimasak di atas wajan datar. Eropa mengklaim sebagai tempat lahirnya crepes. Sementara sebuah teks dari Celtic, Irlandia menyebut kebiasaan masyarakat di sana menyantap crepes sejak abad 18.

Sementara itu beberapa sumber mengatakan bahwa resep crepes ditemukan pertama kali di Perancis pada tahun 1390. Memang, banyak sekali teori yang menyebutkan soal sejarah crepes, bahkan dengan berbagai resepnya. Tetapi dalam prakteknya proses pembuatan crepes tidak semudah sebagaimana yang sudah banyak ditulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa