Langsung ke konten utama

DAY 4 TERMINOLOGI

TERMINOLOGI

 1. Espagnol
          Espagnole - Espagnole, sering disebut sebagai saus coklat , menggunakan stock coklat , seperti daging sapi, sebagai bumbu dan menebal dengan roux  cokelat. Espagnole sering dibumbui dengan aromatik, ramuan gurih, atau pasta tomat. Espagnole biasanya dibuat menjadi saus sekunder seperti saus jamur , Demi - glace  , sauce madeira , atau bordelaise.

 2. Hollandaise
        Saus Hollandaise - Hollandaise adalah saus kental yang kaya yang menggunakan mentega sebagai basa dan menebal melalui ilmu emulsi . Saus Hollandaise sering dibumbui dengan merica, cabai rawit, lemon, atau cuka dan bisa dijadikan saus sekunder seperti maltaise , mousseline , atau bernaise.

3.spaghetti
          Spaghetti adalah bentuk jamak dari kata bijak Italia, yang merupakan spago kecil, yang berarti "tali tipis" atau "benang". Spaghetti (pengucapan bahasa Italia: [spaɡetti]) adalah pasta silindris yang panjang, tipis, padat. Spaghettoni adalah bentuk spaghetti yang lebih tebal, sedangkan capellini adalah spaghetti yang sangat tipis.

4. Hamburger 
         Istilah "burger", formasi balik, terkait dengan berbagai jenis sandwich, mirip dengan hamburger (daging tanah), namun terbuat dari daging yang berbeda seperti kerbau di burger kerbau, daging rusa, kanguru, kalkun, rusa, domba atau ikan seperti salmonin burger salmon, tapi bahkan dengan sandwich tanpa daging seperti burger veggie. 

          
5. Sushi 
          Sushi (す し, 寿司, 鮨) adalah hidangan Jepang dari nasi vinegared yang disiapkan secara khusus (鮨 飯 sushi-meshi), biasanya dengan beberapa gula dan garam, dikombinasikan dengan berbagai bahan (ネ タ neta), seperti makanan laut (paling umum dan sering mentah), sayuran, dan kadang-kadang buah-buahan. Gaya sushi dan presentasinya sangat bervariasi, namun bahan utamanya adalah "nasi sushi", juga disebut asshari (し ゃ り), atau sumeshi (酢 飯). Istilahushi tidak lagi digunakan dalam konteks aslinya dan secara harfiah berarti "mencicipi asam"

6. Donat
            Donat atau donat adalah jenis makanan siap saji atau makanan penutup. Donat ini populer di banyak negara dan disiapkan dalam berbagai bentuk sebagai makanan ringan yang bisa dibuat sendiri atau dibeli di toko roti, supermarket, warung makan, dan penjual khusus yang diambil alih. 

7. Mie
           Mie adalah makanan pokok di banyak budaya yang terbuat dari adonan tidak beragi yang diregangkan, diekstrusi, atau digulung rata dan dipotong menjadi salah satu dari berbagai bentuk. Sementara potongan panjang dan tipis mungkin yang paling umum, banyak varietas mie dipotong menjadi ombak, heliks, tabung, senar, atau kerang, atau dilipat, atau dipotong menjadi bentuk lain. Mie biasanya dimasak dalam air mendidih, kadang dengan minyak goreng atau garam ditambahkan. Mereka sering digoreng atau digoreng. Mie sering disajikan dengan saus yang menyertainya atau sup. Mie dapat didinginkan untuk penyimpanan jangka pendek atau dikeringkan dan disimpan untuk digunakan di masa depan. Komposisi bahan atau asal geokultural harus ditentukan saat membahas mie. Kata itu berasal dari kata bahasa Jerman Nudel.

8. Chocolate brownie
           Cokelat (biasa disebut brownies) hanyalah makanan penutup cokelat persegi, panggang, dan cokelat. Brownies datang dalam berbagai bentuk dan mungkin baik fudgy atau cakey, tergantung pada kepadatannya. Mereka mungkin termasuk kacang-kacangan, frosting, keju krim, keripik coklat, atau bahan lainnya. Variasi yang dibuat dengan gula merah daripada coklat dalam adonan disebut brownie blonde atau blondie. Brownie dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan di A.S. dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20. 

9. cheesecake
          Cheesecake adalah makanan penutup manis yang terdiri dari satu atau lebih lapisan. Lapisan utama dan paling tebal, terdiri dari campuran keju lembut dan segar (biasanya keju krim atau ricotta), telur, dan gula; Jika ada lapisan bawah sering terdiri dari kerak atau alas yang dibuat dari kue kering (atau biskuit pencernaan), biskuit biskuit, kue kering, atau kue bolu. Mungkin dipanggang atau tidak dibakar (biasanya didinginkan). Cheesecake biasanya dipermanis dengan gula dan bisa dibumbui atau diatapi dengan buah, whipped cream, kacang, cookies, fruit sauce, atau chocolate syrup. Cheesecake bisa disiapkan dengan berbagai rasa, seperti stroberi, labu, kapur utama, coklat, Oreo, kastanye, atau coffee.  

10.Chocolate chip cookie
        Kue chocolate chip adalah kue kering yang berasal dari Amerika Serikat dan menampilkan keripik coklat (potongan kecil coklat manis) sebagai bahan pembedanya. Sekitar tahun 1938, Ruth Graves Wakefield menambahkan potongan-potongan cincang dari batang coklat semi-manis Nestlé menjadi kue. Resep tradisional ini menggabungkan adonan yang terdiri dari mentega dan coklat dan putih, keripik coklat semi manis dan vanila. Variasi meliputi resep dengan jenis coklat lainnya serta bahan tambahan seperti kacang atau oatmeal. Ada juga veganversions dengan substitusi bahan seperti keripik vegan, margarin vegan, dan sebagainya.


*sumber 

https://www.thespruce.com/the-five-basic-sauces-1328513
http://andisalsabila13.blogspot.co.id/2018/02/food-terminology.html
http://auliainzani28.blogspot.co.id/2018/02/food-terminologi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa