Langsung ke konten utama

DAY 2 ( 2 )

UTENSIL

1. Sharpener

Fungsi : Untuk Mengasah pisau
Material : Stainless stell dan plastik untuk pegangannya
Cara membersihkan : Dilap menggunakan serbet/napkin basah

2. Carving Fork

Fungsi : Untuk menahan daging panas yang sedang dipotong
Material : Stainless steel
Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun dan dibilas air bersih

3. Grater

Fungsi : Alat untuk memarut
Material : Stainless steel dan besi
Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun dan dibilas air bersih


EQUIPMENT

1. Egg Broiler

Fungsi : Untuk merebus telur 
Material : Stainless steel dan kaca
Cara membersihkan : Dilap menggunakan serbet/ napkin basah

2. Toaster Machine

Fungsi : Untuk membuat roti bakar
Material : Stainless steel, besi dan kaca
Cara membersihkan :  Dilap menggunakan serbet/ napkin basah

3. sink


Fungsi : Untuk sebagai tempat pencucian semua alat yang digunakan dikitchen
Material : Stainless stell 
Cara membersihkan :Dilap  menggunakan serbet/napkin 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Utensil & Equipment 3

Utensil 1. Woden spatula Fungsi : untuk mengaduk bahan makanan saat proses memasak Material : kayu Cleaning : dicuci menggunakan air bersih 2. Silikon brush Fungsi : untuk mengoles butter pada suatu wadah Material : silikon Cleaning : menggunakan sabun dan spons 3. Cake molding Fungsi : tempat yang digunakan untuk membuat cake Material : stainless steel Cleaning : menggunakan air sabun dan spons

DAY 4

UTENSIL 1. Boiling pan boiling pan merupakan panci untuk merebus dengan suhu 100 derajat celsius, boiling pan terbuat dari stainless steel. cara membersihkannya yaite dengan menggunakan air sabun dan dibilas dengan air sampai bersih. 2. Spatula   spatula adalah alat yang digunakan untuk mebolak balik makanan saat sedang memasak.. spatula tebuat dari bahan plastik dan stainless steel dan dibersihkan menggunakan air sabun dan dibilas sampai bersih menggunakan air. 3. Silikon brush  Silikon brush adalah utensil yang digunakan untuk mengoles adonan matang ataupun belum matang.  Silikon brush terbuat dari rubber dan cara membersihkannya dengan cara dicuci dengan air sabun dan dibilas dengan air bersih.  EQUIPMENT 1. Proffer Proffer adalah mesin yang digunakan untuk memproff roti sebelum dipanggang dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah.  2. Ice cube mesin Ice cube mesin adalah mesin yang menghasilam ice cube dengan jumlah cu

MID TEST ( SEMESTER 2 ) VERSI INDONESIA

Halo guys           Hari ini adalah hari dimana saya dan kelompok saya melakukan preperan untuk mid test besok. Hari ini kelompok saya melakukan preperan menu rotasi 1.2 yaitu macedoine of vegetable with mayonaise,  fillet dory of  meuniere potato au gratin bechamel sauce, minestrone soup,  choux ala crocoline dan hard roll. Saya mendapatkan bagian soup yaitu pertama saya prepare untuk pembuatan tomato sauce yaitu whole tomato, tomato paste, salt and pepper pertama yang saya memboil tomato dan mensaute tomato paste kemudian saya mencampurkan tomato paste dengan air dan memasukam whole tomato kemudian saya boil dan simmer.  Sesambil menunggu tomato sauce saya prepare vegetable seperti carrot ( small dice) , chop onion dan garlic, cabbage dan zucchini dan kelompok saya membuat white stock ( chicken stock )  Setelah itu saya membantu teman kelompok lain pada saat restoran open. Setelah close restoran kami melakukan general cleaning tapi hari preparean kelompok saya terjadi kegagalan pa